fakultas kedokteran UGM

Kenalan Lebih Dekat dengan Fakultas Kedokteran UGM dan Program Studi Sarjana Kedokterannya

Fakultas Kedokteran UGM – Universitas Gadjah Mada menjadi salah satu kampus ternama di Indonesia yang menjadi impian banyak orang yang ingin melanjutkan pendidikan. Kampus yang sudah berdiri mengiringi sejarah kemerdekaan Indonesia ini juga saat ini sudah memiliki banyak pilihan fakultas dan program studi. Salah satunya adalah fakultas kedokteran yang merupakan fakultas tertua di Indonesia.

Fakultas Kedokteran UGM sudah berganti nama menjadi Fakultas Kedokteran, Kesehatan Masyarakat, dan Keperawatan atau singkatannya adalah FK-KMK. Tentunya kualitas pendidikannya sudah pasti unggulan.

Mengenal Fakultas Kedokteran UGM

fakultas kedokteran UGM

FK-KMK UGM memiliki tujuan salah satunya adalah menghasilkan lulusan yang inovatif, adaptif, berbudi pekerti luhur dan mampu menjadi pelopor perubahan di bidang kedokteran dan kesehatan. Lalu fakultas ini juga memiliki visi misi sebagai berikut:

Visi

Menjadi Fakultas Kedokteran, Kesehatan Masyarakat, dan Keperawatan berkelas dunia yang inovatif dan unggul, serta senantiasa mengabdi pada kepentingan bangsa dan kemanusiaan dijiwai nilai-nilai budaya bangsa berdasarkan Pancasila.

Misi

Melaksanakan Tri Dharma yang unggul dengan mengoptimalkan pemanfaatan data dan teknologi informasi, serta terintegrasi dalam Academic Health System untuk meningkatkan status kesehatan individu, keluarga, dan masyarakat.

Baca juga: Mau Kuliah Kesehatan? Ini 6 Rekomendasi Kampus Kesehatan di Surabaya

Program Studi Fakultas Kedokteran UGM

Fakultas yang sudah berubah nama menjadi Fakultas Kedokteran, Kesehatan Masyarakat dan Keperawatan ini membuka program pendidikan mulai dari Sarjana, Magister dan juga Doktoral dengan pilihan jurusan yang beragam.

Sarjana:

  • Kedokteran
  • Keperawatan
  • Gizi

Magister:

  • Ilmu Biomedik
  • Ilmu Pendidikan Kedokteran dan Kesehatan
  • Ilmu Kedokteran Tropis
  • Ilmu Kedokteran Klinis
  • Ilmu Kesehatan Masyarakat
  • Kebijakan dan Manajemen Kesehatan
  • Keperawatan
  • Kebidanan

Baca juga: Sudah Kelas 12, Apa Saja yang Harus Dipersiapkan Sebelum Kuliah?

Doktoral:

  • Biomedik
  • Kedokteran Klinis
  • Kesehatan Masyarakat
  • Keperawatan
  • Pendidikan Kedokteran & Kesehatan
  • Gizi Kesehatan

Sarjana Kedokteran FK-KMK UGM

Program studi Sarjana Kedokteran UGM sudah tersedia dalam program reguler dan internasional. Program reguler berjalan layaknya perkuliahan kedokteran yang lainnya, sedangkan program internasional menerapkan kurikulum khusus yaitu kurikulum internasional.

Aktivitas Pembelajarannya dilaksanakan sebagai berikut:

1.    Pembelajaran Kelas/Kelompok Besar

Pembelajaran kelompok besar berjalan jika jumlah mahasiswa dalam suatu kelas/kelompok berisi lebih dari 20 orang. Untuk jenis-jenis pembelajaran di kelas besar antara lain:

  • Kuliah Pakar
  • Kuliah Terintegrasi
  • Diskusi Panel
  • Mini-Workshop

2.    Pembelajaran Kelas/Kelompok Kecil

Untuk pembelajaran kelas kecil ini dilakukan dengan jumlah mahasiswa kurang dari 20 orang, biasanya bahkan berjalan dengan mahasiswa kurang dari 12 orang. Aktivitas ini juga sering disebut tutorial, yang selalu diawali dengan trigger atau pemicu diskusi berupa kasus atau skenario.

Metode belajar bisa dipilih dengan tingkat kompetensi dari learning objectives yang diharapkan dari setiap modul/materi pembelajaran.

3.    Praktikum

Program studi kedokteran tidak akan jauh-jauh dari kegiatan praktikum, yang tujuannya adalah mendukung pencapaian tujuan pembelajaran blok.

4.    Kunjungan Lapangan

Kegiatan ini menjadi kegiatan di luar kelas/kampus yang tujuannya juga untuk mencapai tujuan pembelajaran blok. Dalam kunjungan lapangan ini, mahasiswa bisa melihat langsung contoh nyata penerapan pembelajaran yang sudah terjadi di masyarakat, fasilitas kesehatan maupun organisasi lainnya.

5.    Pelatihan Keterampilan Klinik

Basic Clinical Competence Training (BCCT) adalah sebutan lain dari pelatihan ini yang merupakan metode pembelajaran akuisisi keterampilan klinik sesuai dengan tujuan dan tingkat kompetensi yang diharapkan. Pelatihannya menggunakan simulation-based learning menggunakan manekin, pasien standar, maupun kasus-kasus nyata.

6.    Belajar Mandiri

Mahasiswa juga pasti membutuhkan waktu untuk belajar secara mandiri sebagai salah satu metode pencapaian tujuan pembelajaran. Belajar mandiri memungkinkan mahasiswa mencapai tujuan pembelajaran secara parsial/penuh tanpa difasilitasi secara ketat oleh dosen/pengajar.

Demikianlah informasi seputar fakultas kedokteran UGM dan program studi Sarjana Kedokterannya. Tertarik masuk kedokteran UGM reguler maupun internasional? Yuk maksimalkan persiapan kamu untuk ikut seleksi dengan bimbel Kedokteran Indonesia College. Kamu akan dapat materi lengkap akurat yang mirip aslinya. Ribuan siswa telah berhasil, ambil kesempatannya di sini sekarang!

Raih impian masuk kampus pilihanmu bersama Indonesia College. Tersedia bimbingan khusus Kedokteran. Belajar juga makin mudah dengan adanya layanan Bimbel Online.

Dapatkan informasi terkini dunia perkuliahan di blog bimbelkedokteran.id. Cek juga halaman kami lainnya di indonesiacollege.co.id dan indonesia-college.com – Indonesia College sudah berpengalaman sejak tahun 1993.