perbedaan vokasi dan sarjana

Jangan Asal Pilih Sebelum Tau 7 Perbedaan Vokasi dan Sarjana Ini!

Perbedaan vokasi dan Sarjana – Kamu ingin melanjutkan pendidikan ke bangku perkuliahan tetapi masih bingung tentang perbedaan antara vokasi dan sarjana? Mungkin kamu sedang mempertimbangkan pilihan pendidikan mana yang paling sesuai untuk masa depanmu. Tidak jarang, orang merasa bingung atau bahkan meremehkan pendidikan vokasi dibandingkan dengan pendidikan sarjana.

Jika kamu masih ragu dan kurang memahami manfaat pendidikan vokasi, mari kita bahas perbedaannya secara jelas di sini. Dengan memahami kelebihan masing-masing, kamu bisa membuat keputusan yang lebih tepat dan sesuai dengan tujuan kariermu.

Perbedaan Vokasi dan Sarjana

perbedaan vokasi dan sarjana

Pendidikan vokasi dan sarjana ini memiliki beberapa perbedaan signifikan pasti bisa kamu pahami setelah tahu ini. Berikut berbedaannya:

1.    Tujuan Pendidikan

Perbedaan pertama bisa dilihat dari tujuan pendidikannya, bahwa pendidikan vokasi lebih ditujukan mempersiapkan mahasiswanya untuk bisa langsung terjun di dunia kerja setelah lulus. Keterampilan praktik mahasiswanya akan lebih diukir, yang membuat lulusannya tidak akan kebingungan untuk beradaptasi saat di dunia kerja nanti.

Sedangkan pendidikan sarjana, mahasiswanya akan sangat didukung untuk mengembangkan pengetahuan dan mengedepankan penerapan dari disiplin ilmu. Untuk sarjana akan melakukan praktik dengan melakukan kegiatan magang saat semester akhir.

2.    Gelar yang Diperoleh

Alumni pendidikan vokasi dan sarjana akan mendapatkan gelar yang berbeda, di mana pendidikan vokasi di jenjang D3 akan mendapatkan gelar Ahli Madya (A.Md); D4 akan mendapat gelar Sarjana Terapan (S.Tr). Kemudian untuk lulusan Sarjana, akan mendapatkan gelar (S.) yang diikuti dengan jurusan yang diambil.

Baca juga: Jurusan Psikologi Belajar Apa Saja? Ini Mata Kuliah dan Daftar Kampus Terbaiknya

3.    Kurikulum Pendidikan

Pendidikan vokasi dan sarjana menerapkan kurikulum yang berbeda, yang mana pendidikan vokasi menerapkan praktik yang lebih banyak dibandingkan sarjana. Mahasiswa vokasi mendapat kurikulum dengan komposisi 60-70% praktik dan 30-40% teori. Sedangkan untuk sarjana sebaliknya, yaitu 60% teori dan 40% praktik.

Untuk jumlah SKS-nya pun berbeda antara pendidikan vokasi dan sarjana. Pendidikan D3 rata-rata mendapat beban 112 SKS, D4 114 SKS, sementara S1 144-160 SKS.

4.    Durasi Pendidikan

Lama waktu pendidikan untuk pendidikan vokasi dan sarjana juga berbeda. Untuk pendidikan vokasi masa studinya cenderung lebih singkat, mulai dari 1-4 tahun kuliah sesuai masing-masing jenjang. Untuk Diploma 3 memakan waktu 3 tahun, sementara untuk Diploma 4 adalah 4 tahun. Lalu untuk sarjana, waktu pendidikannya rata-rata bisa selesai dalam 3,5 sampai 4 tahun.

5.    Syarat Kelulusan

Biasanya rata-rata orang sudah mengetahui tentang skripsi untuk tugas kuliah. Nah skripsi ini merupakan syarat kelulusan rata-rata pendidikan Sarjana (S1), sedangkan untuk mahasiswa vokasi diharuskan mengikuti praktik dan juga Perancangan Karya atau Tugas Akhir (TA).

6.    Peluang Studi Lanjut

Selanjutnya, peluang lanjut pendidikan di mana untuk lulusan D3 yang mau melanjutkan pendidikan harus melanjutkan D4 terlebih dahulu, baru bisa lanjut S2. Sedangkan untuk lulusan D4 bisa langsung lanjut S2 tanpa harus S1 terlebih dahulu. Sementara itu untuk lulusan S1 sudah bisa langsung melanjutkan pendidikan S2 setelah lulus.

7.    Prospek Kerja

Hal ini tentu sangat menjadi pertimbangan yang penting setelah kamu lulus nanti. Pendidikan vokasi akan cenderung cocok untuk kamu yang ingin langsung terjun dalam dunia kerja. Namun bukan berarti lulusan sarjana juga tidak bisa langsung kerja karena lulusan sarjana sekarang juga sangat banyak perusahaan yang membutuhkan.

Pendidikan vokasi lebih fokus pada keterampilan praktik, sementara sarjana akan berfokus pada akademis untuk pemahaman yang lebih mendalam. Jadi mana yang sekiranya paling cocok untuk kamu ambil, mau lanjut pendidikan vokasi atau sarjana?

Raih impian masuk kampus pilihanmu bersama Indonesia College. Tersedia bimbingan khusus Kedokteran. Belajar juga makin mudah dengan adanya layanan Bimbel Online.

Dapatkan informasi terkini dunia perkuliahan di blog bimbelkedokteran.id. Cek juga halaman kami lainnya di indonesiacollege.co.id dan indonesia-college.com – Indonesia College sudah berpengalaman sejak tahun 1993.