jurusan anafarma

Menjanjikan! Kenalan dengan Jurusan Anafarma dan Prospek Kerja Lulusannya

Jurusan Anafarma – Dalam perkuliahan di bidang kesehatan, ada banyak sekali pilihan jurusan dengan fokus pembelajaran yang berbeda-beda. Salah satunya adalah jurusan anafarma yang masih tergolong kurang populer dibandingkan jurusan lainnya.

Anafarma ini merupakan singkatan dari Analisis Farmasi dan Makanan, dan jurusan ini mengombinasikan ilmu kesehatan dan ilmu kimia dalam pembelajarannya. Anafarma akan mempelajari seputar analisis bahan beracun dan berbahaya dalam obat tradisional, kosmetika tradisional, makanan dan minuman, dan lainnya.

Untuk beberapa contoh mata kuliah yang akan didapatkan mahasiswa jurusan ini antara lain: Kimia Organik, Farmakognosi, Mikrobiologi, Teknologi Analisa Kromatografi dan banyak lagi lainnya. Jurusan ini banyak yang tersedia dalam program Diploma 3, dan gelar yang akan didapat untuk jenjang Diploma 3 Jurusan Analis dan Makanan adalah (A.Md. Kes) Ahli Madya Kesehatan.

Prospek Kerja Lulusan Jurusan Anafarma

Lulusan jurusan ini memiliki prospek kerja yang luas, dan umumnya berada di sektor Industri Farmasi dan Makanan dengan profesi yang beragam. Contohnya banyak yang berhasil bekerja di BPOM, industri-industri makanan dan minuman, kosmetika, pabrik jamu, berwirausaha, sampai dengan bekerja di laboratorium. Beberapa profesinya antara lain:

1.    Analis Laboratorium Farmasi

Profesi pertama yang bisa kamu pilih adalah Analis Laboratorium Farmasi, yang banyak menjadi incaran di industri farmasi. Tugas profesi ini antara lain adalah pengujian bahan baku, produk akhir, dan pemantauan kualitas produk farmasi. Dengan kompetensi lulusan Anafarma akan membantu memastikan keamanan dan kualitas produk farmasi yang berada di pasaran.

2.    Teknisi Laboratorium Makanan

Selanjutnya profesi ini akan bertugas menguji kualitas produk, analisis mikrobiologi, dan pengembangan metode analisis untuk memastikan produk makanan sudah memenuhi standar ketetapan.

Baca juga: Resmi Dibuka! Pendaftaran Angkatan Pertama Fakultas Kedokteran UNISA Yogyakarta

Industri makanan membutuhkan analisis yang ketat terhadap bahan baku dan produk akhir untuk memastikan keamanan pangan dan kepatuhan terhadap regulasi. Lulusan D3 Anafarma dapat bekerja sebagai teknisi laboratorium makanan. Tugasnya mencakup pengujian kualitas, analisis mikrobiologi, dan pengembangan metode analisis untuk memastikan produk makanan memenuhi standar yang ditetapkan.

3.    Pengawas Kualitas

Profesi selanjutnya ada pengawas kualitas, yang sangat penting dalam dunia industri farmasi dan makanan. Lulusan D3 Analis Farmasi dan Makanan bisa meniti karir sebagai pengawas kualitas, yang memiliki tanggung jawab dalam memastikan bahwa proses produksi memenuhi standar kualitas yang ditetapkan. Dengan begitu profesi ini bisa membantu perusahaan dalam mempertahankan sandar kualitas yang tinggi dalam semua tahapan produksi.

4.    Peneliti Farmasi dan Makanan

Bidang industri farmasi akan selalu berinovasi untuk mengembangkan produk-produk yang lebih aman dan efektif. Dalam proses inovasi ini akan membutuhkan para peneliti untuk mengembangkan produk baru.

Lulusan D3 Analis Farmasi dan Makanan (Anafarma) yang memiliki keterampilan analisis dan pemahaman mendalam seputar bahan kimia dan proses produksi, akan memiliki peran penting dalam menciptakan inovasi yang akan memajukan industri farmasi dan makanan.

5.    Konsultan Regulasi

Pilihan profesi lainnya adalah konsultan regulasi, yang membantu perusahaan untuk memahami dan mematuhi peraturan yang berlaku. Dengan bekal pengetahuan seputar standar kualitas dan prosedur analisis, lulusan jurusan ini bisa berkontribusi dalam memberikan saran yang sangat berharga bagi perusahaan untuk memastikan kepatuhan mereka terhadap regulasi yang berlaku.

Demikianlah pengenalan seputar jurusan anafarma dan prospek kerjanya. Mau masuk kampus impian tapi minder karena seleksinya sangat ketat? Bimbel Indonesia College bisa membantu kamu memiliki persiapan maksimal dengan belajar materi-materi yang sesuai dengan yang akan diujikan, dengan pembelajaran yang seru dipimpin oleh tentor profesional di bidangnya. Sudah berpengalaman lebih dari 30 tahun meluluskan siswa ke kampus impian. Yuk konsultasikan dulu dengan CS kami di sini.


Raih impian masuk kampus pilihanmu bersama Indonesia College. Tersedia bimbingan khusus Kedokteran. Belajar juga makin mudah dengan adanya layanan Bimbel Online.

Dapatkan informasi terkini dunia perkuliahan di blog bimbelkedokteran.id. Cek juga halaman kami lainnya di indonesiacollege.co.id dan indonesia-college.com – Indonesia College sudah berpengalaman sejak tahun 1993.