kuliah kedokteran di Jogja

5 Rekomendasi Kampus untuk Kuliah Kedokteran di Jogja

kuliah kedokteran di JogjaKuliah Kedokteran di Jogja – Jurusan kuliah kedokteran dan Jogja merupakan dua hal yang sama-sama istimewanya. Keduanya masih jadi impian banyak orang, terutama calon mahasiswa. Banyak sekali lulusan baru yang setiap tahunnya ingin masuk kedokteran, bahkan banyak yang rela gap year karena belum berhasil lolos kedokteran. Nah, kamu yang ingin kuliah kedokteran di Jogja, ada beberapa rekomendasi kampus unggulan yang bisa jadi pilihanmu.

Kuliah Kedokteran di Jogja

 

Belum banyak kampus di Jogja yang menyediakan pilihan jurusan kedokteran. Nah, beberapa kampus ini menawarkan jurusan kedokteran dengan kualitas unggulan, di antaranya:

1.    Universitas Gadjah Mada (UGM)

Rekomendasi pertama ada kedokteran UGM yang tersedia untuk program Sarjana dan Kelas Internasional. Tentunya kualitas pendidikan salah satu PTN ternama dan tertua di Indonesia ini tidak perlu diragukan lagi, kan?

UGM mengedepankan bentuk karakter organisasi dari pembelajar (learning organization) supaya bisa beradaptasi dengan lingkungan yang dinamis, jadi ilmunya bisa tetap relevan, bisa beradaptasi dan terdepan.

Jurusan Sarjana Kedokteran UGM sudah terakreditasi A dari LAMPT-Kes. Tahun 2024 ini Kedokteran UGM juga sudah mendapat peringkat 359 dunia berdasarkan QS WUR.

2.    Universitas Islam Indonesia (UII)

Fakultas Kedokteran UII sudah dibuka sejak 2001 lalu, yang dibuka berdasarkan Surat Keputusan Dirjen Dikti No. 368/DIKTI/Kep/2001. Untuk program studi Kedokterannya sendiri di tahun 2024 ini sudah terakreditasi Unggul.

Pembelajaran jurusan kedokteran UII menggunakan sistem problem based learning dan pendekatan SPICES (student-centered, problem-based, integrated, community-based, elective, dan systematic).

Untuk kurikulum pembelajarannya menggunakan jenis kurikulum berbasis kompetensi sesuai dengan rekomendasi Dikti dan Konsil Kedokteran Indonesia (KKI) dan sudah sesuai dengan KKNI dan SNPTI. Tidak lupa, kurikulumnya juga sudah diintegrasikan dengan nilai-nilai keislaman.

3.    Universitas Muhammadiyah Yogyakarta (UMY)

Masih merupakan perguruan tinggi swasta yang ada di Jogja, namun kedokteran UMY ini selalu berusaha berkomitmen untuk menjadi jurusan yang unggul dalam mengembangkan ilmu pengetahuan dan teknologi kedokteran. Tentunya berlandaskan pada nilai-nilai Islam, yang terkemuka di tingkat nasional, dikenal di tingkat internasional, dan bisa berkontribusi bagi kemaslahatan seluruh umat.

Kedokteran UMY juga sudah menyediakan program Profesi Dokter, sehingga mahasiswa lulusannya sudah bisa langsung melanjutkan studi profesi untuk bisa mendapatkan gelar dokter tanpa harus mencari kampus lain.

4.    Universitas Ahmad Dahlan (UAD)

Kedokteran UAD juga bisa jadi pilihan karena sudah terakreditasi B. Program studi Pendidikan Kedokteran UAD berdiri dengan berdasarkan SK Menristek DIKTI RI No. 720/KPT/I/2017 tentang izin dalam pembukaan program studi pendidikan kedokteran program Sarjana dan Profesi Dokter.

Saat ini kedokteran UAD sudah terakreditasi B berdasarkan SK LAMPT-Kes No. 0658/LAM-PTKes/Akr/Sar/XII/2021.

5.    Universitas Kristen Duta Wacana (UKDW)

UKDW sudah membuka Fakultas Kedokteran sejak tahun 2009 dengan kurikulum dan proses pembelajaran berbasis problem dan melakukan pendekatan “student center learning”.  Jurusan ini sudah terakreditasi “BAIK SEKALI” dengan SK No. 0307/LAM-PTKes/Akr/Sar/V/2022.

Sistem pendidikan di UKDW menggunakan sistem Blok, yang sudah diatur untuk bisa diselesaikan dalam waktu 4 tahun pembelajaran hingga bisa menjadi Sarjana. Kedokteran UKDW sudah bekerja sama dengan banyak lembaga di bidang kesehatan, seperti Rumah Sakit Mata Dr. YAP, Rumah Sakit Bethesda Yogyakarta, Rumah Sakit Bethesda Lempuyangwangi, Rumah Sakit Panti Waluyo Purworejo dan banyak lagi lainnya.

Demikianlah 5 pilihan kampus untuk kuliah kedokteran di Jogja. Kamu tertarik masuk di kampus mana? Karena seleksinya sangat ketat dan tidak mudah, yuk maksimalkan persiapanmu dengan bimbel kedokteran di Indonesia College. Kamu akan dapat materi lengkap dan free try out yang mirip aslinya. Pembelajarannya pun seru dan aktif, dengan tentor profesional di bidangnya. Buruan ambil kesempatannya di sini dan dapatkan harga spesial terbatas.

Raih impian masuk kampus pilihanmu bersama Indonesia College. Tersedia bimbingan khusus Kedokteran. Belajar juga makin mudah dengan adanya layanan Bimbel Online.

Dapatkan informasi terkini dunia perkuliahan di blog bimbelkedokteran.id. Cek juga halaman kami lainnya di indonesiacollege.co.id dan indonesia-college.com – Indonesia College sudah berpengalaman sejak tahun 1993.