universitas swasta jurusan kedokteran akreditasi A

6 Universitas Swasta Jurusan Kedokteran Akreditasi A dan Unggul di Indonesia

Universitas Swasta Jurusan Kedokteran Akreditasi A – Bingung memilih kampus untuk melanjutkan pendidikan di bangku kuliah jurusan kedokteran? Kuliah kedokteran sendiri cenderung lebih condong ke praktiknya sebagai persiapan saat terjun di dunia kerja nanti dalam menghadapi pasien yang memiliki masalah kesehatan.

Kampus swasta dengan akreditasi unggul menjadi pilihan yang menjanjikan. Menyediakan fasilitas modern, kurikulum terkini, dan fokus pada pengembangan praktik medis yang berkualitas, kampus-kampus ini tidak hanya menghasilkan lulusan yang kompeten tetapi juga mampu bersaing di tingkat global. Nah, kamu yang tertarik masuk ke kampus swasta, berikut beberapa kampus swasta yang bisa kamu pertimbangkan.

Universitas Swasta Jurusan Kedokteran Akreditasi A dan Unggul

Kuliah kedokteran yang memiliki kualifikasi bagus tidak hanya di PTN saja, karena sekarang banyak kampus swasta yang kualitasnya jauh lebih unggul. Berikut beberapa di antaranya:

1.    Universitas Muhammadiyah Yogyakarta (UMY)

Pertama ada UMY yang berlokasi di Daerah Istimewa Yogyakarta, yang sudah terkenal dengan pendidikannya yang berkualitas dan memiliki program studi pendidikan dokter gigi komprehensif.

UMY menawarkan fasilitas pendidikan yang mutakhir yang bisa dimanfaatkan oleh setiap mahasiswanya untuk memaksimalkan pembelajaran. Kurikulum pembelajarannya juga dirancang untuk memenuhi standar internasional.

Kampus ini juga menekankan penelitian dan pengabdian kepada masyarakat, sekaligus mempersiapkan mahasiswa supaya tidak hanya mampu dalam praktik klinis, tetapi juga bisa berperan dalam dunia akademis dan kesehatan masyarakat.

S1 Kedokteran Universitas Muhammadiyah Yogyakarta sudah mendapatkan akreditasi A dengan berdasarkan SK No. 0498/LAM-PTKes/Akr/Sar/IX/2019, 0499/LAM-PT-Kes/Akr/Pro/IX/2019.

Baca juga: Jurusan di Fakultas Kedokteran USU, Biaya Pendidikan, dan Fasilitas Pendidikannya

2.    Universitas Hang Tuah (UHT) Surabaya

Sarjana Kedokteran UHT Surabaya ditujukan untuk menjadi dokter berwawasan kesehatan kelautan melalui Tri Dharma Perguruan Tinggi pada tahun 2030. Lalu untuk program studi Sarjana Kedokteran sendiri sudah terakreditasi Unggul dengan SK No. 0333/LAM-PTKes/Sar/Akr/V/2022.

3.    Universitas Trisakti (Usakti) Jakarta

Kampus ini menjadi kampus swasta ternama di Jakarta, dan faktanya nama kampus Trisakti ini diberikan langsung oleh Presiden Soekarno di tahun 1965. Program studi Sarjana Kedokteran Universitas Trisakti Jakarta sudah terakreditasi A dengan berdasarkan SK No. 0538/LAM-PTKes/Akr/Sar/XI/2021.

4.    Universitas Muhammadiyah Surakarta

Selanjutnya ada perguruan tinggi swasta ternama yang berlokasi di Surakarta, Jawa Tengah. Mahasiswa kedokteran UMS akan belajar anatomi dan fisiologi, biokimia, patologi, farmakologi, mikrobiologi, kardiologi, gastroenterologi, hematologi, onkologi, dan kedokteran forensik.

Fasilitas penunjang pendidikannya juga sangat lengkap, di antaranya adalah Laboratorium Biomedik, Laboratorium Skill, MMPI Centre, dan ruang CBT mandiri. Program studi Sarjana Kedokteran Universitas Muhammadiyah Surakarta ini sudah terakreditasi Unggul SK No. 0427/LAM-PTKes/Akr/Sar/VI/2023.

5.    Universitas Islam Indonesia

Program studi Sarjana Kedokteran UII sudah terakreditasi Unggul, dengan berdasarkan Keputusan LAM-PTKes 0482/LAM-PTKes/Akr/Sar/VII/2022.

Sementara itu UII sendiri menjadi kampus swasta ternama dan sudah berdiri sejak masa kemerdekaan RI. Awalnya, UII bernama Sekolah Tinggi Islam (STI) dan didirikan di Jakarta pada tanggal 8 Juli 1945 sebagai lembaga pendidikan tinggi swasta pertama yang dibentuk setelah proklamasi kemerdekaan Indonesia, dan menjadi institusi pendidikan tinggi swasta tertua kedua di Indonesia setelah Hoogere Theologische School.

6.    Universitas Pelita Harapan

Sarjana Kedokteran UPH sudah terakreditasi Unggul dengan Surat Keputusan (SK) LAM-PTKes Nomor: 0230/LAM-PTKes/Akr/Sar/IV/2022 tentang Status, Nilai, dan Peringkat Akreditasi Prodi Sarjana Kedokteran UPH.

Fakultas Kedokteran UPH berhasil meraih predikat unggul tentunya karena sudah memiliki dosen-dosen unggulan yang melakukan riset dan penelitian secara terus menerus, fasilitas praktikum yang ditawarkan oleh UPH juga sangat baik dan sudah bekerja sama dengan mitra-mitra di dalam negeri maupun internasional yang terus diperluas.

Jadi itu dia 6 rekomendasi universitas swasta jurusan kedokteran akreditasi A dan Unggul yang bisa kamu pertimbangkan. Nah kira-kira kamu condong memilih kampus mana?


Raih impian masuk kampus pilihanmu bersama Indonesia College. Tersedia bimbingan khusus Kedokteran. Belajar juga makin mudah dengan adanya layanan Bimbel Online.

Dapatkan informasi terkini dunia perkuliahan di blog bimbelkedokteran.id. Cek juga halaman kami lainnya di indonesiacollege.co.id dan indonesia-college.com – Indonesia College sudah berpengalaman sejak tahun 1993.