Sudah Kelas 12, Apa Saja yang Harus Dipersiapkan Sebelum Kuliah?

Apa Saja yang Harus Dipersiapkan Sebelum Kuliah – Kamu sudah masuk kelas 12 akhir yang sebentar lagi lulus dan mau masuk kuliah? Pendidikan sekolah dan kuliah adalah dua hal yang cukup berbeda, yang mana saat di sekolah kamu masih sangat dibimbing oleh wali kelas, dan juga pihak sekolah, sementara saat kuliah kamu akan dituntut untuk bisa mandiri. Nah supaya tidak kaget, apa saja sih yang harus dipersiapkan sebelum masuk kuliah?

Apa Saja yang Harus Dipersiapkan Sebelum Kuliah

apa saja yang harus dipersiapkan sebelum kuliah

Ada beberapa hal yang perlu kamu biasakan sejak di masa sekolah, sebagai bentuk persiapan sebelum kuliah. Berikut di antaranya:

1.    Latih Kemampuan Komunikasi

Mempersiapkan kemampuan untuk berkomunikasi jadi salah satu kunci penting yang harus bisa kamu lakukan sejak masa sekolah. Kemampuan komunikasi ini tidak hanya mengenai public speaking saja, tapi kamu juga harus belajar cara berkomunikasi yang baik untuk bisa menyampaikan pesan kepada lawan bicaramu dengan baik.

Dengan kemampuan berkomunikasi ini nantinya kamu bisa menyampaikan pendapat, ide, sampai dengan menyelesaikan masalah. Apalagi dalam perkuliahan nanti akan sering ada tugas dalam tim, yang butuh melakukan diskusi.

2.    Persiapkan Tujuan

Sebelum masuk kuliah, kamu sebaiknya mempersiapkan jauh-jauh jurusan apa yang mau kamu pilih, serta kampus mana yang ingin kamu masuki. Tidak apa untuk bercita-cita setinggi langit, namun kamu juga harus mengiringinya dengan usaha berupa persiapan yang matang supaya bisa lolos di jurusan dan kampus impian kamu.

Beberapa jurusan bahkan harus mempersiapkan persyaratannya dari lama, contohnya jurusan kedokteran yang persaingannya sangat ketat dan persyaratannya harus memiliki nilai rata-rata yang tinggi dari kelas 10, 11, dan kelas 12.

Baca juga: Berapa Biaya Kuliah Kedokteran UGM? Ini Referensi UKT Kedokteran UGM Tahun 2024

3.    Kemampuan untuk Mandiri

Semakin tinggi level pendidikan kamu, kemampuan mandiri juga harus semakin kamu terapkan. Apalagi di dunia perkuliahan ini sistem pendidikannya akan berbeda dengan waktu sekolah, karena umumnya di dunia perkuliahan kebanyakan kampus tidak menerapkan paket. Jadi bukan berarti saat kamu masuk di waktu yang sama dengan teman seangkatan, kamu juga bisa lulus dalam waktu yang sama.

Kamu akan dituntut untuk lebih bisa melakukan apa-apa sendiri dan jangan bergantung dengan teman-teman kamu. Karena banyak sekali mahasiswa yang ikut-ikutan teman dan berakhir tidak maksimal dalam pendidikannya.

4.    Manajemen Waktu

Memiliki kebiasaan baik tentu tidak gampang, apalagi jika kamu baru mau memulainya. Dalam dunia perkuliahan, kamu akan dihadapkan dengan berbagai mata kuliah dengan waktu yang terjeda-jeda dalam satu harinya. Bisa jadi jika kamu mendapat 2 mata kuliah dalam satu hari, mata kuliah pertama akan dilaksanakan pagi, dan satu lagi di sore hari.

Maka dari itu kamu harus bisa mengatur waktu kamu dengan baik. Apalagi jika kamu mengikuti Unit Kegiatan Mahasiswa (UKM), kamu harus bisa menentukan prioritas agar kuliah kamu juga tidak terlantar. Jangan sampai tugas kuliah kamu juga terlupakan, ya.

5.    Kemampuan Beradaptasi dan Memperluas Relasi

Dari bangku sekolah ke bangku kuliah, bagi mahasiswa baru pasti akan banyak menemukan culture shock yang tidak ada waktu sekolah dulu. Maka dari itu kamu harus belajar untuk beradaptasi dengan perubahan-perubahan baru supaya tidak kewalahan saat masuk kuliah nanti.

Kalau semasa sekolah teman kamu Cuma itu-itu saja, kamu juga harus mulai belajar memperluas pertemanan kamu. Belajarlah untuk berkenalan dengan orang lain dan mengobrol, karena waktu kuliah nanti kamu pasti akan dapat banyak teman baru, baik teman satu angkatan, teman satu organisasi, satu kampus, bahkan dari cakupan lain. Relasi yang luas bisa memberi kamu manfaat nantinya, yang mungkin bisa menjadi penolong kamu di masa genting.

Itulah apa saja yang harus dipersiapkan sebelum kuliah. Jadi kira-kira mana yang masih belum kamu persiapkan?

Raih impian masuk kampus pilihanmu bersama Indonesia College. Tersedia bimbingan khusus Kedokteran. Belajar juga makin mudah dengan adanya layanan Bimbel Online.

Dapatkan informasi terkini dunia perkuliahan di blog bimbelkedokteran.id. Cek juga halaman kami lainnya di indonesiacollege.co.id dan indonesia-college.com – Indonesia College sudah berpengalaman sejak tahun 1993.