fakultas kedokteran universitas darussalam gontor

Kenalan dengan Fakultas Kedokteran Universitas Darussalam Gontor, Apa Keunggulannya?

Fakultas Kedokteran Universitas Darussalam Gontor – Pondok Pesantren Darussalam Gontor menjadi lembaga pendidikan Islam yang sudah menyediakan pendidikan modern dan memiliki kampus swasta bernama Universitas Darussalam Gontor. Baru-baru ini, Unida sudah membuka Fakultas Kedokteran. Dalam FK Unida ini, sudah tersedia pendidikan Sarjana dan Profesi.

Lulusan SMA/SMK/MA/MAK sederajat dapat mengikuti program sarjana di fkaultas kedokteran Universitas Darussalam Gontor. Setiap mahasiswa harus menyelesaikan beban studi 144-160 SKS yang dapat menyelesaikannya dalam waktu 8-14 semester. Universitas Darussalam Gontor juga sudah terakreditasi Unggul berdasarkan SK dari BAN-PT Nomor : 363/SK/BAN-PT/Ak/PT/V/2023 yang berlaku sampai tahun 2028 mendatang.

Pendaftaran Fakultas Kedokteran Unida Gontor

Pendaftarannya sudah dibuka dengan menyediakan 3 gelombang. Untuk pendaftaran di waktu terdekat tersedia di gelombang 3, dengan jadwal sebagai berikut:

KegiatanGelombang III
Pendaftaran27 Mei 2024 – 29 Juni 2024
Tes CBT Serentak (Online & Offline)8 Juli 2024
Pengumuman Hasil Tahap I9 Juli 2024
Ujian Tahap II11 Juli 2024
Pengumuman Hasil15 Juli 2024
HER-Registrasi15 Juli – 27 Juli 2024
Matrikulasi3 – 25 Agustus 2024
Mulai Kegiatan Perkuliahan2 September 2024

Program studi Kedokteran di FK Universitas Darussalam Gontor menggunakan 3 jalur seleksi untuk penerimaan mahasiswa di tahun 2024, yaitu:

  1. Jalur Reguler diselenggarakan serentak dengan menggunakan computer based test (CBT), dilaksanakan online dan offline (di kampus UNIDA Gontor).
  2. Jalur Prestasi : diselenggarakan bagi calon mahasiswa yang berprestasi di bidang akademik/seni/olahraga tingkat nasional, dan yang lolos akan mendapat potongan biaya gedung, UKT dan juga asrama.
  3. Jalur Tahfidz diselenggarakan bagi calon mahasiswa/I yang merupakan tahfidz Qur’an 30 Juz dan bersertifikat. Nantinya akan dapat potongan biaya gedung, UKT dan asrama.

Baca juga: 5 Fakta KKI UI Kedokteran yang Wajib Diketahui Sebelum Mendaftar

Program studi Kedokteran di FK Universitas Darussalam Gontor akan melaksanakan ketiga jalur seleksi dengan 2 tahapan. Pada seleksi tahap II, tahapannya adalah tes psikologi, tes kesehatan, dan tes wawancara.

Syarat Pendaftaran Jurusan Kedokteran Unida

Unida menerapkan beberapa persyaratan pada seleksi mahasiswa baru fakultas kedokteran, yakni:

  • Membayar formulir pendaftaran Rp. 500.000,-.
  • Ijazah SMA/MA/sederajat dengan tahun lulus 2022, 2023, 2024.
  • Transkrip nilai SMA/MA/Sederajat yang dilegalisir.
  • Pas foto berwarna terbaru ukuran 3×4 dan 4×6
  • Raport kelas X, XI, XII yang telah dilegalisir.*
  • Sertifikat juara 1, 2 atau 3 kompetisi sains/seni/olahraga tingkat nasional (khusus jalur prestasi).
  • Sertifikat tahfidz 30 Juz (khusus jalur tahfidz)
  • KTP/Kartu keluarga.
  • Surat Keterangan Catatan Kepolisian (SKCK)
  • Melengkapi berkas pendaftaran yang dapat didownload di website https://pmb.unida.gontor.ac.id/
  • Wajib berasrama di student apartment FK UNIDA Gontor.

*) Wajib disertakan (khusus untuk lulusan 2024, raport kelas XII semester 1)

Keunggulan Fakultas Kedokteran Universitas Darussalam Gontor

Masyarakat sudah mengenal baik reputasi Ponpes Gontor bahkan di kalangan manca negara. Hal ini menunjukkan bahwa Ponpes Gontor memiliki kualitas pendidikan yang unggul. Tapi bagaimana dengan kualitas kampus, terutama untuk fakultas kedokterannya? Berikut beberapa keunggulannya:

1. Pendidikan Berbasis Islami

Pendidikan kedokteran Unida tentunya tidak seperti di perguruan tinggi umum lainnya. FK Unida akan tetap menerapkan keunggulannya dengan menggunakan pendidikan berbasis nilai Islam yang terintegrasi dalam kurikulumnya.

2. Dokter Berkarakter SANTRI

Mencetak dokter berkarakter SANTRI (Sincere and simplicity, Agent of development, Noble character, Trustworthy, Resilient, dan Islamic brotherhood and independence).

3. Fasilitas Modern dan Lengkap

FK Unida sudah tersedia fasilitas modern berteknologi terkini untuk mendukung pembelajaran dan penelitian mahasiswa/i-nya. Beberapa fasilitasnya antara lain: ruang OSCE, Ruang kelas, Ruang Tutorial, Perpustakaan, Laboratorium, Sarana Olahraga, Student Area, Asrama, Auditorium.

4. Wahana Rumah Sakit

Unida menyediakan Rumah Sakit Yasyfin Darussalam Gontor sebagai penunjang pembelajaran untuk fakultas kedokteran. Ponpes Gontor menjadi pengelola Rumah sakit ini.

5. International University

Mahasiswa dan mahasiswi Unidar berkesempatan untuk mendapatkan pengembangan dengan universitas jejaring di luar negeri karena Universitas Darussalam Gontor sudah memiliki jaringan kampus Internasional.

Demikian informasi seputar fakultas kedokteran Universitas Darussalam Gontor. Untuk kamu yang berencana masuk kedokteran Unida, pastikan sudah membaca dan sesuai dengan persyaratannya, ya. Semoga informasinya bermanfaat.


Raih impian masuk kampus pilihanmu bersama Indonesia College. Tersedia bimbingan khusus Kedokteran. Belajar juga makin mudah dengan adanya layanan Bimbel Online.

Dapatkan informasi terkini dunia perkuliahan di blog bimbelkedokteran.id. Cek juga halaman kami lainnya di indonesiacollege.co.id dan indonesia-college.com – Indonesia College sudah berpengalaman sejak tahun 1993.