tahapan menjadi dokter

6 Tahapan Menjadi Dokter Umum dan Spesialis, Butuh Waktu Lama!

Tahapan Menjadi Dokter – Profesi dokter selalu menjadi profesi idaman banyak orang setiap tahunnya. Profesi ini memiliki prospek yang jelas, dengan gaji yang lumayan, sekaligus menjadi profesi yang terpandang di kalangan masyarakat. Namun, untuk menjadi seorang dokter perlu langkah yang panjang, dengan masa pendidikan yang lebih lama daripada dengan jurusan lainnya. Nah, kira-kira apa saja tahapan menjadi dokter?

Tahapan Menjadi Dokter

Mahasiswa kedokteran perlu waktu 7-10 tahun pendidikan dan praktik untuk bisa mendapatkan Surat Izin Praktik (SIP). Berikut tahapan-tahapan untuk menjadi seorang dokter:

1.    Masa Preklinik

Masa Preklinik, atau masa kuliah di jurusan Kedokteran, berlangsung selama 3,5 tahun tanpa sistem SKS, melainkan dibagi dalam blok-blok seperti Neurologi dan Pediatri. Mahasiswa menghadapi ujian tulis, OSCE (ujian praktik diagnosa penyakit pada pasien simulasi), dan SOCA (uji pemahaman kasus penyakit secara lisan di depan dosen). Pada semester 7, mahasiswa menyusun skripsi untuk mendapatkan gelar Sarjana Kedokteran (S.Ked), sebelum wisuda dan melanjutkan ke program profesi atau koas.

Baca juga: 12 Universitas Kedokteran Swasta Terbaik di Indonesia Versi EduRank 2024

2.    Koas (Co-Assistant)

Tahap kedua calon dokter adalah koas, di mana kalian akan berinteraksi dengan pasien sungguhan di bawah pengawasan dokter senior. Program ini berlangsung 1,5 hingga 2 tahun di rumah sakit mitra kampus dan tidak mendapatkan gaji. Koas mencakup berbagai stase seperti bedah, anak, THT, dan lainnya. Mahasiswa dikelompokkan dalam kelompok kecil untuk mempermudah pembelajaran, serta mendapat tugas analisis penyakit yang dipresentasikan kepada dokter senior.

3.    UKMPPD

Setelah koas, kalian akan menghadapi Uji Kompetensi Mahasiswa Program Profesi Dokter (UKMPPD), yang dilaksanakan empat kali setahun (Februari, Mei, Agustus, November). UKMPPD terdiri dari Computer Based Test (CBT) dan OSCE. CBT adalah ujian tulis online dengan 150 soal pilihan ganda, memerlukan nilai minimal 66 untuk lulus. OSCE adalah ujian praktik di Fakultas Kedokteran, melibatkan 12 station dengan topik berbeda, masing-masing 15 menit, untuk mempraktekkan skill sesuai standar kompetensi dokter umum Indonesia.

4.    Sumpah Dokter

Tahapan selanjutnya adalah sumpah dokter setelah berhasil lolos UKMPPD. Para calon dokter akan disumpah dan mendapat gelar dokter (Dr) serta Surat Tanda Registrasi (STR). Namun, perjalanannya masih belum selesai sampai di sini.

5.    Internship

Setelah mendapat gelar Dr, kamu masih harus menjalani internship dan menjadi dokter magang. Internship ini bertujuan untuk melatih kesiapan dan kemandirian sebelum mendapat Surat Izin Praktik. Nantinya juga akan ada dokter senior yang mengawasi dan menilai cara kerja dokter magang. Jika sudah memenuhi penilaian, maka kamu akan mendapatkan Surat Izin Praktik (SIP) untuk bisa praktik dokter umum, atau meneruskan ke Program Pendidikan Dokter Spesialis.

6.    PPDS

Selanjutnya kalau kamu ingin melanjutkan untuk menjadi dokter spesialis, ada tahap lanjutan pendidikan seorang dokter untuk menjadi spesialis dalam suatu bidang penanganan kesehatan. Pendidikan Program Dokter Spesialis berlangsung 4 sampai 6 tahun tergantung bidang yang spesialisasinya. Dokter yang mengikuti PPDS ini juga bisa disebut dokter residen. Bidang-bidang spesialis yang tersedia antara lain:

  • Spesialis Mata (Sp.M)
  • Spesialis Paru (Sp.P)
  • Spesialis Anak (Sp.A)
  • Spesialis Gizi (Sp.G)
  • Spesialis Bedah (Sp.B)
  • Spesialis Urologi (Sp.U)
  • Spesialis Anestesi (Sp.An)
  • Spesialis Radiologi (Sp.R)
  • Spesialis Penyakit Dalam (Sp.PD)
  • Spesialis Kulit dan Kelamin (Sp.KK)
  • Spesialis Kedokteran Forensik (Sp.F)
  • Spesialis Saraf atau Neurologis (Sp.N)
  • Spesialis Kandungan dan Ginekologi (Sp.OG)
  • Spesialis Kedokteran Jiwa dan Psikiater (Sp.KJ)
  • Spesialis Telinga, Hidung, Tenggorokan (Sp. THT)
  • Spesialis Jantung dan Pembuluh Darah atau Kardiologi (Sp.JT).

Demikianlah tahapan menjadi dokter yang harus kamu ketahui jika ingin melanjutkan pendidikan dan menjadi seorang dokter. Bagaimana, tertarik untuk menjalani tahapan ini?


Raih impian masuk kampus pilihanmu bersama Indonesia College. Tersedia bimbingan khusus Kedokteran. Belajar juga makin mudah dengan adanya layanan Bimbel Online.

Dapatkan informasi terkini dunia perkuliahan di blog bimbelkedokteran.id. Cek juga halaman kami lainnya di indonesiacollege.co.id dan indonesia-college.com – Indonesia College sudah berpengalaman sejak tahun 1993.