dokter geriatri adalah

Masih Banyak yang Tidak Tau, Dokter Geriatri Adalah?

Dokter Geriatri Adalah – Dalam dunia medis, pembagian peran dokter ada banyak sekali, salah satunya yang akan kita bahas hari ini yaitu dokter geriatri. Banyak orang yang belum tahu seputar dokter ini, padahal peranannya di Indonesia banyak dibutuhkan. Secara bahasa, geriatri didapat dari kata geron yang berarti orang tua dan iatreia yang berarti penanganan terhadap penyakit. Jadi apa itu dokter geriatri?

Jadi Dokter Geriatri Adalah?dokter geriatri adalah

Dokter geriatri merupakan dokter spesialis yang berfokus menangani berbagai keluhan kesehatan pada orang lanjut usia (lansia). Perannya adalah memberikan perawatan kesehatan pada orang lanjut usia untuk meningkatkan kualitas hidup dan meminimalkan risiko lansia terkena penyakit akibat penuaan.

Peran dokter geriatri ini akan dibantu juga oleh tim medis lainnya, seperti perawat, ahli farmasi, ahli gizi, terapis dan psikiater yang terlatih secara khusus untuk membantu lansia. Lansia yang terkena gangguan kesehatan biasanya akan turut menyebabkan berbagai masalah kesehatan lain, seperti penurunan daya ingat, sulit menahan buang air kecil, dan daya tahan tubuh yang semakin lemah.

Hal ini akan membuat lansia sulit menjalani aktivitas sehari-hari, seperti makan, mandi, jalan, bahkan untuk buang air. Peran dokter geriatri dan tim medis lain, akan melakukan penanganan menyeluruh, mulai dari mengevaluasi penyakit yang pernah diderita lansia, rencana perawatan yang tepat sampai dengan bekerja sama dengan keluarga untuk merawat lansia.

Baca juga: Jangan Asal Pilih Sebelum Tau 7 Perbedaan Vokasi dan Sarjana Ini!

Nah untuk menjadi seorang dokter geriatri, dokter umum harus menempuh pendidikan spesialis penyakit dan mengambil subspesialis geriatri. Lama pendidikannya bisa ditempuh dalam waktu 3-5 tahun.

Apa Saja Tugas Dokter Geriatri?

Seorang dokter geriatri memiliki tugas menjaga kesehatan lansia dengan cara mencegah timbulnya penyakit dan mengatasi masalah kesehatan yang timbul pada lansia. Salah satu tugas yang dijalankan dokter lansia ini adalah meresepkan obat yang tepat, karena lansia tidak bisa sembarangan mengonsumsi obat yang biasa diresepkan untuk orang dewasa pada umumnya.

Lansia mengalami perubahan metabolisme dalam tubuh. Karena hal ini, salah satu obat mungkin bisa mengobati satu masalah kesehatan, namun bisa juga menyebabkan gangguan kesehatan lainnya yang justru bisa lebih buruk karena menimbulkan efek samping.

Dokter geriatri ini bersama tim medis lain akan memiliki peran dan tanggung jawab untuk:

1.    Fisioterapi atau terapi fisik

Melakukan fisioterapi atau terapi fisik ini bisa berguna untuk meningkatkan dan menjaga kelenturan, keseimbangan dan kemampuan gerak tubuh. Fisioterapi ini biasanya diberikan pada pasien lansia dengan keluhan radang sendi, stroke, osteoporosis, penyakit Parkinson, demensia, dan penyakit Alzheimer.

2.    Psikoterapi

Dokter lansia juga akan bekerja sama dengan psikiter dan psikolog, untuk menjaga dan meningkatkan kesehatan mental pasien lansia.

3.    Pengelolaan Pemberian Obat

Seperti yang sudah dijelaskan tadi, dokter geriatri akan meresepkan obat dengan meminimalkan efek samping yang akan dirasakan oleh pasien lansia, dengan melakukan evaluasi ulang dan memilih obat mana yang perlu dikonsumsi dan tidak.

Baca juga: Jurusan Psikologi Belajar Apa Saja? Ini Mata Kuliah dan Daftar Kampus Terbaiknya

Kondisi yang Ditangani Dokter Geriatri

Ada banyak kondisi yang bisa ditangani oleh dokter geriatri untuk menangani pasien lansia, di antaranya:

1.    Penurunan Kemampuan Gerak (Imobilisasi)

Pasien lansia dengan keluhan imobilisasi membutuhkan bantuan dokter geriatri untuk membantu pasien untuk bisa melakukan aktivitas sehari-hari secara mandiri.

2.    Gangguan Kognitif

Pasien dengan gangguan kognitif bisa memengaruhi kemampuan berpikir, persepsi, dan daya ingat seseorang, yang biasanya timbul akibat suatu penyakit, efek samping obat-obatan, gangguan hormon dan metabolisme.

3.    Penyakit yang Berkaitan dengan Penurunan Fungsi Tubuh

Lansia akan mulai mengalami penurunan fungsi tubuh, dengan keluhan peradangan tulang dan sendiri, penyakit jantung, kanker, pikun, pengeroposan tulang, tekanan darah tinggi, dan beragam penyakit lainnya.

4.    Efek Samping Konsumsi Obat Tertentu

Fungsi dan metabolisme tubuh lansia akan semakin menurun dan membuatnya lebih sensitif terhadap efek samping obat. Nah peran dokter di sini adalah mengenali efek samping dan interaksi obat-obatan yang dikonsumsi lansia.

Jadi dokter geriatri adalah dokter yang menangani pasien lansia dengan berbagai masalah kesehatan karena penuaan. Bagaimana, tertarik jadi dokter geriatri?

Raih impian masuk kampus pilihanmu bersama Indonesia College. Tersedia bimbingan khusus Kedokteran. Belajar juga makin mudah dengan adanya layanan Bimbel Online.

Dapatkan informasi terkini dunia perkuliahan di blog bimbelkedokteran.id. Cek juga halaman kami lainnya di indonesiacollege.co.id dan indonesia-college.com – Indonesia College sudah berpengalaman sejak tahun 1993.