KKI UI Kedokteran

5 Fakta KKI UI Kedokteran yang Wajib Diketahui Sebelum Mendaftar

KKI UI Kedokteran – Kelas Khusus Internasional Universitas Indonesia menjadi salah satu jalur perkuliahan internasional yang banyak diminati calon mahasiswa. KKI ini menerapkan standar pendidikan internasional, dan jumlah kuotanya pun akan dibatasi, jauh lebih sedikit dibanding kelas reguler UI.

Program KKI UI sendiri memiliki beberapa pilihan jurusan, salah satunya adalah program Kedokteran. Untuk kelas regulernya saja, jurusan kedokteran selalu dibanjiri pendaftar dan seleksinya sangat ketat. Begitu juga dengan KKI UI kedokteran ini. Nah kira-kira ada fakta apa saja seputar KKI UI terutama dalam program kedokterannya?

Fakta KKI UI Kedokteran

Karena bukan merupakan program reguler, maka pasti belum banyak yang mengetahui sistematika yang digunakan di program KKI UI. Berikut beberapa fakta KKI UI kedokteran yang perlu kamu ketahui:

1.    Memiliki Kampus Mitra Luar Negeri Ternama

Karena dibentuk menjadi program unggulan bertaraf internasional, KKI UI juga bekerja sama dengan kampus-kampus besar di luar negeri untuk memaksimalkan pembelajaran  mahasiswanya.

Program kedokteran KKI UI juga dirancang untuk mencetak dokter unggulan yang kompeten dan berstandar internasional. Nantinya, baik mahasiswa kedokteran maupun program jurusan KKI lainnya akan berkesempatan untuk menimba ilmu di kampus luar negeri dalam waktu 1 tahun. Beberapa kemitraan kampus luar negeri antara lain:

Baca juga: Seleksinya Sangat Ketat, Ini Mata Kuliah Jurusan Kedokteran Tiap Semesternya

  • Monash University (Australia)
  • University of Melbourne (Australia)
  • University of Newcastle Upon Tyne (Inggris).

2.    Persyaratan Masuk Kedokteran KKI UI

Persyaratan masuk KKI UI kedokteran tentunya juga berbeda dibandingkan mendaftar di jurusan kedokteran program reguler. Berikut persyaratan masuknya yang harus kamu penuhi:

  • Calon mahasiswa merupakan lulusan SMA/Sederajat dari dalam dan luar negeri dengan sekolah setara sekolah A level atau level IB
  • Memiliki nilai TOEFL institusional 500 atau skor IELTS 6
  • Mampu menempuh pendidikan atau masa studi selama 6 tahun dengan pembagian 5 tahun di UI dan 1 tahun di universitas mitra.
  • Usia ijazah maksimal 5 tahun saat melakukan pendaftaran

3.    Jalur Masuk

Dalam pendaftarannya, KKI UI memiliki 2 jalur seleksi, yakni:

  • SIMAK KKI UI: untuk jalur simak KKI UI ini tesnya menggunakan bahasa Inggris. Untuk materi tesnya meliputi Matematics for Natural Science, Biology, Chemistry, Physics, Integrated Natural Science.
  • Talent Scouting: menggunakan nilai rapor dan prestasi akademik untuk menyeleksi masuk program Kelas Khusus Internasional UI.

4.    Lama Studi & Lokasi Kuliah

Mahasiswa KKI UI akan lulus dengan mendapatkan 2 gelar, yakni gelar dari UI sendiri dan gelar lulusan dari kampus luar negeri mitra UI. Berikut lama studi dan lokasi kuliah mahasiswa kedokteran KKI UI:

  • Kuliah Semester 1-6: di Kampus RIK Universitas Indonesia Depok
  • Semester 7-8: di Monash University/University of Melbourne (Australia) atau University of Newcastle Upon Tyne (Inggris)
  • Semester 9-13: di Kampus UI Salemba dan Rumah Sakit Pendidikan

5.    Biaya Pendidikan

Berdasarkan SK Biaya Pendidikan UI Tahun 2022, biaya pendidikan KKI UI Kedokteran adalah:

  • Tuition Fee: Reguler Rp 51.700.000, WNA Rp 59.400.000
  • Admission Fee: Reguler Rp 111.100.000, WNA Rp 148.500.000

Untuk biaya pendidikan di kampus mitra:

  • Monash University AU$ 65.000,-* (setahun)
  • Melbourne University AU$ 65.000,-* (setahun)
  • University of Newcastle Upon Tyne £ 19.000,-* (setahun)

*) Ketiga universitas mitra menetapkan biaya kuliah berdasarkan ketentuan masing-masing, dan biaya tersebut dapat berubah setiap tahunnya (tidak termasuk biaya hidup dan akomodasi).

Universitas mewajibkan mahasiswa membayar administration fee sebesar Rp 2.000.000 selama menjalani proses pendidikan di kampus mitra di luar negeri.

Demikianlah fakta-fakta kuliah KKI UI Kedokteran yang pendidikannya sudah menggunakan kurikulum internasional. Bagi kamu yang baru tau seputar KKI UI ini, apakah berminat untuk melanjutkan studi di program KKI UI?


Raih impian masuk kampus pilihanmu bersama Indonesia College. Tersedia bimbingan khusus Kedokteran. Belajar juga makin mudah dengan adanya layanan Bimbel Online.

Dapatkan informasi terkini dunia perkuliahan di blog bimbelkedokteran.id. Cek juga halaman kami lainnya di indonesiacollege.co.id dan indonesia-college.com – Indonesia College sudah berpengalaman sejak tahun 1993.